Selasa, 23 November 2010

Bikin Booting cepat Windows XP kita (2)

Setelah mengakali proses booting yang kian melambat di XP kita dengan menggunakan fitur "Hibernate", tetapi sesungguhnya masalah yang sebenarnya belum teratasi lho!
Waduh! gimana sih, pak? kok ga sekalian?

Well, masih ada masalah mendasar sih sebenernya...
Masalah apa gerangan? (EYD banget...)

Yup, tadi sore setelah membaca sebuah buku dari PC+ yang berjudul "100 Solusi Masalah PC", pada halaman 88 yang berjudul "Startup Windows XP Lambat" saya baru mengetahui bahwaaa...

"...proses booting yang kian melambat ini akibat kebutuhan sumber daya (resource) yang besar dari Windows XP. Untuk mengatasi hal ini, cobalah jalankan Windows Explorer dan cari folder C:\Windows\Prefetch. pada jendela yang muncul akan tampak deretan file yang merupakan catatan resource yang sebenarnya sudah direkam oleh Windows. Hapus semua file tersebut dan coba restart ulang PC Anda. Lakukan langkah ini setiap kali Anda merasa bahwa proses booting PC Anda terasa lambat."

Gotcha! Ternyata memang sesimple itu, teman-temin...

Selama ini PC kita melambat hanya gara-gara kita lengah membersihkan file yang tidak lagi berguna (tapi ga lengah juga sih, orang kita baru tau kan kalo file-file itu yang menyebabkannya. Harusnya Windows menghilangkan file-file ini juga saat kita mengaktifkan fitur disk cleanup. Tul ga?).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar